Minggu, 29 April 2012

PEMBUKAAN MTQ BERJALAN LANCAR DAN SUKSES


web.buka_mtqweb.buka_mtq1KUALA KAPUAS – Allhamdulillah. Acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 26 Tingkat Provinsi Kalteng berjalan lancar dan sukses, Sabtu (28/4) malam. Ribuan masyarakat dan peserta MTQ tumpah ruah di Lapangan Olah Raga Panunjung Tarung.
Kegiatan pembukaan ini dilakukan langsung oleh Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang beserta istri. Lalu hadir pula Wakil Gubernur H Achmad Diran beserta ibu serta Bupati Kapuas HM Mawardi beserta istri. Selain itu sejumlah Bupati dan Walikota se Kalteng juga hadir pada saat pembukaan.
Acara dimulai dengan defile kafilah dari seluruh kabupaten/kota yang  begitu antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Menariknya pencahayaan lampu warna wardi ditambah televisi berukuran raksasa dipanggung utama menambah semarak jalannya rangkaian pembukaan.
Begitu pula penampilan lima ratus lebih penari kolosal yang membawakan tarian AMANAH juga mampu menghipnotis penonton yang berjejal sesak di samping panggung utama dan stadion. Penampilan mereka juga diiringi oleh drumban gabungan.
Ketua Umum MTQ Tingkat Provinsi Kalteng HM Mawardi mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 14 Kabupaten/kota se-Kalteng dengan jumlah total peserta/kafilah sebanyak 990 orang yang terdiri dari peserta lomba sebanyak 407 orang dan official/pendamping sebanyak orang 583 orang.
“MTQ ini memperlombakan enam cabang dan 15 golongan dan untuk pemenang pada masing-masing cabang dan golongan panitia menyiapkan trophy dan uang pembinaan, dan khusus untuk juara qori dan qoriah cabang tilawah dewasa selain mendapat hadiah trophy dan uang pembinaan juga akan diberangkatkan haji pada musim haji tahun 2012,” kata Mawardi yang juga sebagai Bupati Kapuas.
Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dalam sambutannya mengatakan tujuan utama penyelenggaraan MTQ ini sesungguhnya tidak hanya sekedar untuk mengukur sejauh mana keunggulan peserta dalam seni baca al-Qur’an.
Sesuai dengan cabang yang diperlombakan, melainkan juga dapat dijadikan sebagai moment yang tepat untuk lebih memahami, mengkaji dan mengamalkan ajaran al-Qur’an sebagai upaya meningkatkan ketakwaan  kepada Allah SWT. Karena disadari bahwa, peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dalam membumikan dan memasyarakatkan al-Qur’an telah menunjukkan hasil yang cukup baik. hal ini terlihat dari kesinambungan pelaksanaan even musabaqah setiap tahun.
Dengan demikian, gema MTQ di Kota Kuala Kapuas, diharapkan akan membuahkan bahkan memperkuat ikatan vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jalinan horizontal sesama manusia. Kesadaran vertikal akan lahir sebagai refleksi nuansa religiusitas yang ditimbulkan, seiring dengan munculnya kesadaran ukhuwwah islamiyyah sebagai buah nuansa tradisi yang dapat disaksikan dalam setiap penyelenggaraan MTQ.
Pembukaan juga ditandai dengan pemukulan beduq dan diakhir acara juga menampilkan penyanyi religius dari Hadad Alwi. Sesuai rencana kegiatan MTQ ini bakal berlangsung hingga tanggal 5 Mei 2012 dan diacara penutupan akan menghadirkan Rhoma Irama pada tanggal 4 Mei 2012 malam. (humas)

web.buka_mtq2web.buka_mtq3

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda