Sabtu, 28 April 2012

WAGUB LANTIK DEWAN HAKIM MTQ PROVINSI KALTENG


web.dewan_hakimKUALA KAPUAS – Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran secara resmi melantik dewan hakim Musabaqah Tilawatl Quran (MTQ) ke 26 Tingkat Provinsi Kalteng di Gedung DPRD Kabupaten Kapuas, Sabtu (28/4) pagi.
Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalteng H Muchtar, Bupati Kapuas HM Mawardi dan Kepala Kementerian Agama Kalteng H Djahawir Tanthowi. Kemudian tampak pula Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan, Ketua Harian MTQ H Nurul Edy dan H Asrani.
Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan kalam ilahi, pembacaan SK dewan hakim, baiat dewan hakim, penandatanganan baiat, pelantikan dewan hakim dan pemasangan toga secara simbolis oleh Wakil Gubernur kepada perwakilan dewan hakim.
Tak hanya itu, disela kegiatan juga diserahkan bendera MTQ dari Ketua Umum LPTQ H Muctar dan diterima secara langsung oleh Ketua Umum MTQ HM Mawardi.
Dalam sambutannya Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran mengatakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) telah melembaga dan membudaya di kalangan masyarakat Kalteng khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
“Keadaan ini sudah barang tentu merupakan prestasi tersendiri yang telah dicapai dalam pembangunan di bidang agama,” ucapnya.
Sementara itu, kegiatan MTQ dari tahun ketahun semakin  semarak, ini merupakan suatu bukti bahwa berkehidupan beragama telah berkembang subur. Hal ini tidaklah mengherankan, sebab di negara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, pembangunan bidang agama merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan nasional, termasuk pembangunan di daerah kita Kalimantan Tengah ini.
Oleh karena itu, pemerintah selalu berusaha untuk mengerahkan daya dan dana untuk meningkatkan pembangunan bidang agama. Pembangunan dan agama adalah      suatu      jalinan       yang   tak terpisahkan, karena keduanya merupakan kebutuhan asasi manusia dalam rangka meningkatkan kualitas jasmani dan rohaninya. Pembangunan akan membawa kita kepada kemajuan dan agama akan mengantar kita kepada kebahagiaan.
web.dewn_hakim2Kemajuan yang penuh kebahagiaan dan sejahtera itulah yang menjadi tujuan masyarakat kita. Berkenaan dengan itu, ajaran-ajaran agama harus dapat dipahami, dihayati dan diamalkan oleh para pemeluknya. Dalam kaitan ini, Musabaqah Tilawatil Qur’an merupakan salah satu bentuk yang nyata dalam rangka upaya memahami, menghayati dan mengamalkan      Al-Qur’an.
Dalam kaitan ini, maka dengan semangat yang memancar dari penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an, diharapkan umat Islam senantiasa mampu mawas diri dan mengendalikan diri dengan memegang teguh ajaran Al Qur’an. Dengan demikian, iman dan taqwa serta akhlaq umat akan semakin berkualitas. Khusus dalam MTQ XXVI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2012 ini, sikap pribadi yang memegang teguh ajaran Al Qur’an  hendaknya dipelopori  oleh setiap anggota Dewan Hakim MTQ ini.
Usai pelantikan rombongan Wakil Gubernur dan Bupati Kapuas berkenan melihat secara langsung lokasi MTQ yang terletak di Lapangan Olah Raga Panunjung Tarung. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda