Rabu, 29 Agustus 2012

BUPATI PANEN PADI DI TERUSAN MAKMUR


terusan1terusan2KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir H. Muhammad Mawardi, MM melakukan panen padi di Desa Terusan Makmus Kecamatan Bataguh, Rabu (29/8) pagi. Panen padi musim tanam April-September mampu menghasilkan 4,8 ton gabah kering giling untuk setiap hektarenya.
Kegiatan ini mendapat sambutan antusias warga yang sejak pagi berkumpul di lokasi kegiatan untuk melihat langsung panen yang dilakukan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas. Selain melakukan panen padi Bupati juga mencoba mesin reaper yang dapat dipergunakan untuk memanen padi secara mekanis.
Kepaa Divire Bulog Kalteng Djoni Nurashari mengaku pihaknya berkewajiban untuk menstabikan harga beras di tingkat petani khususnya pada saat memasuki masa panen. “Untuk total yang sudah kita beli dari petani di Kalteng saat ini berjumlah 8.100 ton dan untuk wilayah Kapuas sebanyak 3 ribu ton,” kata Djoni.
Perlu diketahui bahwa beras yang dibeli di Kabupaten Kapuas akan dikemas oleh Bulog dan diberi labe beras Kapuas sebelum didistribusikan kembali ke daerah-daerah kabupaten dan kota di Kalteng.
Ditempat yang sama Camat Bataguh, Agus Sudiana menjelaskan wilayah terusan merupakan daerah pengembangan pertanian yang cukup berhasil sehingga program-program pertanian yang digulirkan di daerah ini sangat membantu para petani.
“Penyerahan bantuan alat pertanian kepada petan yang diserahkan oleh Bupati Kapuas sangat membantu untuk memotivasi warga dalam pengembangan pertanian. Terima kasih Bapak Bupati yang telah mengunjungi daerah ini,” terangnya.
Sementara itu Bupati Kapuas Mawardi mengatakan daerah Terusan memiliki hamparan lahan sawah yang cukup luas sehingga jika dikelola dengan maksimal maka dapat berperan sebagai pioneer dan percontohan dalam pengelolaan usaha pengembangan tanaman pangan khususnya padi.
“Hasil yang dicapai saat ini tentu sangat membanggakan bagi saya selaku pimpinan daerah ini Tetapi kita tidak harus puas dengan keberhasilan ini Marilah kita bersama-sama terus berusaha untuk mencapai keberhasilan yang lebih baik lagi,” ungkapnya.
Disela kegiatan juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan alat-alat pertanian serta temu wicara dengan para petani. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda