Jumat, 17 Agustus 2012

KEMBANGKAN PRODUK UNGGULAN KAPUAS


web.umkmKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir. H. Muhammad Mawardi, MM menginginkan ada produk unggulan makanan dalam kemasan yang mampu menjadi daya tarik bagi tamu yang berkunjung ke Kabupaten Kapuas.
“Saya menginginkan Dinas Perindagkop UMKM dapat memfasilitasi hal ini agar terdapat sesuatu yang menarik, baik dari kemasan dan rasa sehingga dapat menjadi oleh-oleh bagi para tamu yang datang ke daerah kita,” kata Mawardi ketika membuka Pelatihan Kelompok UMKM dalam Rangka Terwujudnya Program Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Kapuas, Selasa(17/7) pagi.
Kegiatan yang dipusatkan di Kantin Darma Wanita Jalan Maluku ini mendapat perhatian serius dari Bupati Kapuas, sebab kegiatan seperti ini akan terwujudnya ekonomi kerakyatan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Kapuas.
“Diharapkan dari sebuah program itu dapat tercapai tentunya kita memulai dari bagaimana kita mencari dan memotivasi diri untuk selalu mencari ilmu yang memerlukan suatu pelatihan.Dari hasil pelatihan ini tentunya bagi ibu-ibu nanti dapat di terapkan di lingkungannya dan juga untuk pribadi ibu untuk bisa berusaha guna meningkatkan ekonomi kelompok usahanya maupun ekonomi keluarganya,” ungkapnya.
Dikarenakannya masih banyaknya kelemahan dan kekurangan yang dimiliki dan menjadi permasalahan yang dihadapi oleh koperasi dan UMKM  seperti permodalan, teknologi, sumberdaya manusia, jaringan pemasaran dan lain-lainnya menjadikan kedua faktor ini masih jauh dari harapan yang diinginkan, mengingat permasalahan-permasalahan itu, maka salah satu upaya penting yang dapat dan perlu terus dilakukan adalah meningkatkan mutu dari usaha yang dihasilkan oleh ukm beserta potensi dan peluang.
Dengan dukungan dari beberapa pihak, semoga dimasa yang akan datang kabupaten kapuas akan dapat meningkatkan usaha sendiri yang pada akhirnya akan mampu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan kelompok khususnya dan masyarakat Kabupaten Kapuas umumnya,” tuturnya.
Ditempat yang sama Kabag Administrasi Perekonomian, Ir Noor Alamsyah mengatakan pelatihan ini diikuti oleh kelompok usaha yang ada di Kecamatan Selat dan Kecamatan Kapuas Timur.
Pelatiham ini terbagi dalam empat  kelompok yaitu kelompok membuat krupuk dari sayur-sayuran, kelompok membuat kue-kue kering, kelompok membuat nuget, sosis dan bakso dari ikan patin dan kelompok merangkai untuk hantaran.
“Jumlah peserta sebanyak 40 orang terdiri dari Kelompok usaha dari “Sekar Arum “ Kecamatan Selat sebanyak  20  orang, Kelompok usaha “Sri Rezeki“ Kecamatan Kapuas Timur sebanyak 10  orang dan Kelompok usaha DWP Setda Kapuas sebanyak 10 orang,” tukasnya. (humas)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda