Minggu, 23 September 2012

HARI PRAMUKA DIRANGKAI BERAGAM KEGIATAN


web.pramukaKUALA KAPUAS – Peringatan Hari Pramuka ke 51 Tahun 2012 dirangkai dengan beragam kegiatan. Diantaranya bazar siaga serta perkemahan jumat, sabtu, minggu (Perjusami). Puncak peringatan Hari Pramuka ditandai dengan upacara yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas Drs. H. Nurul Edy, M.Si, Sabtu (22/9) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh para Pramuka, baik siaga, penggalang serta para pembina Pramuka. Saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Dr. dr. Azrul Azwar, MPH, Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Nurul Edy menjelaskan ada tiga sasaran revitalisasi Gerakan Pramuka yang telah dicanangkan oleh Presiden RI pada tahun 2006 lalu.

Pertama memperkuat dasar hukum Gerakan Pramuka sebagai organisasi non formal di tanah air. Penguatan dasar hukum ini telah berhasil dicapai dengan terbitnya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Gerakan Pramuka.

Kedua, pembaharuan sistem pendidikan kepramukaan. Pada saat ini pendidikan kepramukaan telah memiliki kurikulum baru, konsep akreditasi gugus depan serta sertifikasi para pembina juga telah berhasil disusun. Selanjutnya akan dilakukan ujicoba berbagai konsep khususnya akreditasi, sertifikasi dan lisensi yang apabila berhasil akan diberlakukan secara nasional.

Kemudian yang ketiga tentang kemandirian organisasi. Berberda dengan sasaran pertama dan kedua, sasaran ketiga ini masih memerlukan kerja keras. Pembiayaan yang dibutuhkan cukup besar guna menopang kegiatan pramuka. Sumber pembiayaan yang utama segogyanya dari iuaran anggota, tetapi karena kebanyakan anggota pramuka berasal dari keluarga tidak mampu.

“Selanjutnya adalah tidak mungkin untuk selama-lamanya bergantung pada bantuan pemerintah. Untuk menjaga otonomi dan independen organisasi, Pramuka harus memiliki dana sendiri. Sebagai langkah awal setiap kwartir perlu melakukan pendataan asset, untuk kemudian bagi aset yang dinilai pemanfaatannya kurang optimal dapat dikembangkan menjadi kegiatan usaha,” ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd menambahkan untuk kegiatan Perjusami dilakukan di enam zona. Zona I meliputi Selat dan Bataguh tanggal 21 sampai 23 September. Zona II Basarang 28-30 September.

Zona III Kapuas Barat 5-7 Oktober, Zona IV Kapuas Hilir, Zona V Kapuas Timur 12-14 Oktober, dan Zona VI Kapuas Murung, Pulau Petak dan Dadahup tanggal 26-28 Oktober. “Kami juga melaksanakan orientasi pengelolaan gudep dan pendidikan karekter bangsa bagi pembina Pramuka. Selain itu telah pula dilakukan ziarah ke makam pahlawan dan ke makam para pembina Pramuka,” tukasnya. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda